Siapa saja tidak ingin membeli mobil yang surat-suratnya palsu. Sekarang ini, semakin ketat pengecakan yang dilakukan oleh pihak kepolisian. Itulah mengapa saat Anda hendak beli mobil Avanza bekas Jakarta, pastikan surat-surat mobil tersebut lengkap dan asli.

Beberapa orang terjebak dengan harga mobil Avanza yang terlampau murah. Ternyata mobil tersebut curian. Namun, terlihat resmi karena ada surat-suratnya yang mirip dengan surat asli. Hanya saja, surat tersebut buatan alias palsu. Saking lihainya orang-orang jahat sekarang ini, mereka bisa membuat surat kendaraan palsu terlihat seperti asli.

Biasanya, mobil curian yang dijual dengan dokumen tidak asli tersebut berasal dari luar kota. Modusnya, mobil curian dijual di kota lain. Tapi, sebelum dijual, sudah dibuatkan terlebih dahulu surat-surat palsu yang mirip dengan asli. Ini dilakukan agar harga jualnya tinggi layaknya mobil resmi. Selain itu, ini juga akan membuat calon pembeli yakin untuk membeli mobil tersebut.

STNK Kendaraan Bermotor
Sumber Gambar : Detik Foto

Lalu, bagaimana Anda sebagai calon pembeli bisa menentukan mana surat-surat kendaraan yang asli dan mana yang palsu? Setidaknya ada dua langkah yang harus Anda lakukan.

Yang pertama, cek keaslian surat-surat kendaraan. Asli atau tidaknya surat tidak pada cocok atau tidaknya nomor rangka mesin yang ada di surat dengan no rangka di bawah kap. Sudah pasti nomornya sudah disesuaikan. Cara mengeceknya dengan melihat apakah ada hologram pada surat-surat kendaraan atau tidak. Selain hologram, ada juga cap serta tanda tangan pengesahan dari pihak kepolisian.

Tidak cukup itu saja. Setelah Anda ditunjukkan surat kendaraan tersebut, ada baiknya Anda ajak pihak penjual untuk ke SAMSAT terdekat. Tujuannya untuk memastikan nomor surat kendaraan tersebut benar. Pasalnya, modus pembuatan surat kendaraan sekarang ini semakin canggih. Tampilannya sangat meyakinkan. Sama persis dengan surat kendaraan yang asli. Namun, ada yang tidak bisa dimanipulasi, yaitu nomor keluar atau nomor pembuatan surat. Dan data tersebut hanya dimiliki oleh SAMSAT. Itulah mengapa sebaiknya Anda ajak penjual ke SAMSAT atau Anda sendiri membawa surat kendaraan ke SAMSAT untuk dicek keasliannya.

Bukan berarti Anda harus berburuk sangka. Ini hanya langkah antisipasi saja ketika Anda ingin beli mobil Avanza bekas Jakarta. Anda tidak ingin tiba-tiba mobil Anda diambil polisi atau bahkan Anda ditahan karena dianggap menjadi penadang mobil curian, bukan?